Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di Microsoft Word 2010
Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di
Microsoft Word 2010
1.
Membuat Tabel Untuk membuat tabel, berikut langkah-langkahnya :
a.
Klik
menu Insert
b.
Pada
ribbon Tables klik Table
c.
Arahkan
mouse pada kotak-kota yang muncul dan pilih berapa kotak yang diperlukan (akan
terlihat preview tabel dilayar kerja MS Word). Kotak-kotak tersebut mewakili
baris dan kolom.
d.
Jika
sudah silahkan di klik. Maka tabel sudah dibuat.
Atau
data juga dengan cara,
a.
Setelah
klik pada table, pilih insert table (seperti gambar diatas)
b.
Masukkan
angka jumlah kolom (number of columns) dan jumlah baris (number of rows) yang
diperlukan kemudian klik OK
c.
Maka
tabel sudah dibuat.
Untuk
mengecilkan dan memperbesar lebar kolom dapat dilakukan dengan cara :
a.
Arahkan
pointer ke garis kolom sebelah kanan yang akan diperbesar atau diperkecil
sampai pointer berubah bentuk menjadi anak panah kekanan dan kekiri.
b.
Klik
dan tahan mouse, kemudian geser kekiri untuk memperkecil kolom atau geser
kekanan untuk memperlebar kolom.
c.
Jika
ukuran sudah sesuai dengan yang diinginkan lepas mouse Bila anda menginginkan
kolom dengan lebar yang lebih spesifik pada ukuran tertentu,
atau
bisa juga dilakukan dengan cara :
a.
Blok
table, kemudian klik menu tab layout, lalu klik auto fit untuk menyesuaikan
kolom table dengan tulisan yang dimasukkan.
Cara
Menambah Baris Dan Kolom Pada Tabel
a.
Blok
table, kemudian klik menu tab layout, kemudian pilih ribbon rows & columns,
Insert column to the left = menambah kolom sebelah kiri, Insert column to the
right = menambah kolom sebelah kanan, Insert rows above = menambah baris atas,
Insert rows below = menambah baris bawah.
Cara
Menggunakan Formula Pada Tabel Di Word
Penggunaan rumus formula pada tabel di Microsoft Word juga dapat
digunakan untuk membuat perkalian, penjumlahan, mencari nilai ratarata,
maksimal, minimal dan sebagainya.
Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks, untuk itu Anda
perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah
menggunakan formula, yaitu setiap tabel yang dibuat pada Word. Setiap kotak
pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan
gabungan dari baris (1,2, 3, dst) dan kolom (A, B, C, dst). Untuk kolom pertama
(A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan
seterusnya.
Nah untuk menggunakan formula pada tabel dapat Anda ikuti langkah
berikut:
a.
Buatlah
tabel seperti contoh berikut:
b.
Letakkan
kursor pada sel dimana sel tersebut tempat total jumlah.
c.
Lalu
pilih pada Table Tool klik Layout dan pilih Formula
d.
Setelah
itu pada Formula isikan rumus =B2*E2 dan pada Number format: pilih opsi
#.##0,00 dan klik OK,
e.
Pada
jumlah total masukkan rumus formula dengan rumus =SUM(ABOVE) dan pada Number format
#.##0,00 lalu klik OK. Maka data pada tabel tadi telah diisi oleh Word.
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm-gagal-proses_9.html?m=1
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm-gagal-proses_9.html?m=1
Komentar
Posting Komentar