Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di Microsoft Word 2010

Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di Microsoft Word 2010

1. Membuat Tabel Untuk membuat tabel, berikut langkah-langkahnya :
a.         Klik menu Insert
b.         Pada ribbon Tables klik Table
c.         Arahkan mouse pada kotak-kota yang muncul dan pilih berapa kotak yang diperlukan (akan terlihat preview tabel dilayar kerja MS Word). Kotak-kotak tersebut mewakili baris dan kolom.
d.        Jika sudah silahkan di klik. Maka tabel sudah dibuat.
Atau data juga dengan cara,
a.         Setelah klik pada table, pilih insert table (seperti gambar diatas)
b.         Masukkan angka jumlah kolom (number of columns) dan jumlah baris (number of rows) yang diperlukan kemudian klik OK
c.         Maka tabel sudah dibuat.
Untuk mengecilkan dan memperbesar lebar kolom dapat dilakukan dengan cara :
a.         Arahkan pointer ke garis kolom sebelah kanan yang akan diperbesar atau diperkecil sampai pointer berubah bentuk menjadi anak panah kekanan dan kekiri.
b.         Klik dan tahan mouse, kemudian geser kekiri untuk memperkecil kolom atau geser kekanan untuk memperlebar kolom.
c.         Jika ukuran sudah sesuai dengan yang diinginkan lepas mouse Bila anda menginginkan kolom dengan lebar yang lebih spesifik pada ukuran tertentu,
atau bisa juga dilakukan dengan cara :
a.         Blok table, kemudian klik menu tab layout, lalu klik auto fit untuk menyesuaikan kolom table dengan tulisan yang dimasukkan.


Cara Menambah Baris Dan Kolom Pada Tabel
a.         Blok table, kemudian klik menu tab layout, kemudian pilih ribbon rows & columns, Insert column to the left = menambah kolom sebelah kiri, Insert column to the right = menambah kolom sebelah kanan, Insert rows above = menambah baris atas, Insert rows below = menambah baris bawah.

Cara Menggunakan Formula Pada Tabel Di Word
Penggunaan rumus formula pada tabel di Microsoft Word juga dapat digunakan untuk membuat perkalian, penjumlahan, mencari nilai ratarata, maksimal, minimal dan sebagainya.
Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks, untuk itu Anda perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah menggunakan formula, yaitu setiap tabel yang dibuat pada Word. Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan gabungan dari baris (1,2, 3, dst) dan kolom (A, B, C, dst). Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya.
Nah untuk menggunakan formula pada tabel dapat Anda ikuti langkah berikut:
a.         Buatlah tabel seperti contoh berikut:
b.        Letakkan kursor pada sel dimana sel tersebut tempat total jumlah.
c.         Lalu pilih pada Table Tool klik Layout dan pilih Formula
d.        Setelah itu pada Formula isikan rumus =B2*E2 dan pada Number format: pilih opsi #.##0,00 dan klik OK,
e.         Pada jumlah total masukkan rumus formula dengan rumus =SUM(ABOVE) dan pada Number format #.##0,00 lalu klik OK. Maka data pada tabel tadi telah diisi oleh Word.
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm-gagal-proses_9.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word Dalam Membuat Surat Masal

Teknik dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Bibliography