Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu Microsoft Word 2010

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MICROSOFT WORD 2010

A.      Bagian Menu
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
1.    Tab File
2.    Tab Home
3.    Tab Insert
4.    Tab Page Layout
5.    Tab References
6.    Tab Maillings
7.    Tab Review
8.    Tab View

B.       Pengertian Title Bar Office Word 2010
Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .

C.      Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
1.        Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop.
2.        Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.

D.      Pengertian Status Bar Di Office Word 2010
Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.

E.       Pembagian Dan Fungsi Menu File
1.        Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
2.        Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
3.        Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010
4.        Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
5.        Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
6.        Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
7.        New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
8.        Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
9.        Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
10.    Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
11.    Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font default dll.
12.    Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010

F.       Pembagian Dan Fungsi Menu Pada Tab Home
Description: Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010
1.        Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain
2.        Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
3.        Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
4.        Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan
5.        Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
6.        Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
7.        Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
8.        abc - Untuk membuat tulisan coret
9.        Superscript dan Subscripot X2  -  Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll
10.    Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
11.    A Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
12.    Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
13.    Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen
14.    Align Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
15.    Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
16.    Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
17.    Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
18.    Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
19.    Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
20.    Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
21.    Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
22.    Multilevel List - Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
23.    Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
24.    Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka
G.      Pembagian Dan Fungsi Pada Menu Tab Insert
Description: Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010
1.        Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
2.        Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan
3.        Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen.
4.        Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
5.        Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
6.        Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
7.        Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
8.        SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
9.        Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
10.    Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat
11.    Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
12.    Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting
13.    Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
14.    Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen 
15.    Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
16.    Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
17.    Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
18.    Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
19.    Equation - Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen
20.    Symbol - Sama dengan fungsi Equation

H.      Pembagian Dan Fungsi Menu Pada Tab Page Layout
Description: Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Icon di Microsoft Office Word 2010
1.        Themes - Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan
2.        Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
3.        Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
4.        Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan
5.        Column - Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
6.        Watermark - Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat
7.        Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
8.        Page border - Untuk membuat bingkai halaman


I.         Pembagian Dan Fungsi Menu Pada Tab References
Tab ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen
1.        Table of Contents : untuk membuat daftar isi secara otomatis
2.        Footnotes : untuk menyisipkan catatan kaki
3.        Citations and Bibliography : memasukkan kutipan dan daftar pustaka dalam dokumen yang sedang aktif
4.        Captions : untuk menambahkan keterangan seputar gambar
5.        Index : untuk mengatur indeks pada teks
6.        Table of Authority : untuk mengatur kutipan dalam teks

J.        Pembagian Dan Fungsi Menu Pada Tab Mailings
Tab ini digunakan untuk mengirim surat seperti mencetak amplop dan label
1.        Create
2.        Start Mail Merge
3.        Write & Insert Fields
4.        Preview Results
5.        Finish

K.      Pembagian Dan Fungsi Menu Pada Tab Review
Tab ini untuk membuat perubahan dalam dokumen yang dimungkinkan karena masalah ejaan atau tata bahasanya
1.        Proofing
2.        Language
3.        Comments
4.        Tracking
5.        Changes
6.        Compare
7.        Protect

L.       Pembagian Dan Fungsi Menu Pada Tab View
Tab ini digunakan untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dua halaman yang berbeda dan memperbesar/memperkecil halaman
1.        Document Views
2.        Show
3.        Zoom
4.        Windows
5.        Macros

Komentar